Berdasarkan karakteristik khusus yang terdapat dalam ruang cyber maka dapat dikemukakan beberapa teori sebagai berikut:

  • The Theory of The Uploader and The Downloader, berdasarkan teori ini suatu Negara dapat melarang dalam wilayahnya, kegiatan uploading dan downloading yang diperkirakan dapat bertentangan dengan kepentingannya. Misalnya suatu Negara dapat melarang setiap orang untuk uploading kegiatan perjudian atau kegiatan perusakan lainnya dalam wilayah Negara dan melarang setiap dalam wilayahnya untuk downloading kegiatan perjudian tersebut. Minnesota adalah suatu Negara pertama yang menggunakan juridiksi ini.
  • The Theory of Law of The Server, pendekatan ini memperlakukan server dimana webpages secara fisik berlokasi, yaitu dimana mereka dicatat sebagai data elektronik. Menurut teori ini sebuah webpages yang berlokasi di server pada Standford University tunduk terhadap hukum California. Namun teori ini akan sulit digunakan apabila uploader berada dalam juridiksi asing.
  • The Theory of International Space, yaitu ruang cyber dianggap sebagai The Fourth Space yang menjadi analogi adalah tidak terletak pada kesamaan fisik, melainkan pada sifat internasional, yaitu Soveregnless Quality.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s